Laman

Saturday, May 21, 2011

Cara membuat halaman di blogspot

Seperti yang dijelaskan di posting sebelumnya, blogger telah menyediakan static pages. Static page inilah yang akan anda gunakan untuk membuat halaman di blogspot seperti yang ada pada wordpress.

Tetapi fitur static page ini tidak sebagus halaman yang ada pada wordpress. Seperti yang kita ketahui, wordpress menggunakan script PHP, sedangkan blogger tidak. Dengan menggunakan script PHP, website yang dihasilkan tentu lebih variatif dan fleksible.

Kekurangan static page pada blogger, salah satunya terletak pada url yang dihasilkan.

Contoh url halaman pada wordpress:
http://www.mysite.com/contact/

Contoh url halaman pada blogger:
http://www.mysite.com/p/contact.html

Dari contoh di atas dapat dilihat perbedaan antara halaman di wordpress dengan halaman di blogger. Tapi walaupun begitu, perbedaan ini tidak menjadi masalah. Blogger sendiri telah menciptakan beberapa fitur baru yang semakin lengkap.

Kita berharap blogger bisa terus berkembang dan tidak kalah saing dengan wordpress. Kita tunggu saja fitur baru blogger selanjutnya.

Nah, bagi anda yang ingin mencoba membuat halaman di blogger, lihat tutorial di bawah ini. Caranya hampir sama dengan cara membuat postingan.

  1. Log in ke akun anda.
  2. Pilih menu Posting » Edit Pages.
  3. Klik tombol new page.
  4. Isi judul dan konten halaman seperti biasa.
  5. Setelah itu klik tombol publish page.
  6. Selanjutnya akan tampil pilihan gadget untuk link halaman. Pilih sesuai keinginan anda.
Jika tadi anda memilih untuk menampilkan gadget page list, kemudian ingin menghapusnya kembali, cukup hapus melalui menu Design (Tata Letak) » Page Elements. Caranya cari gadget laman, klik edit, kemudian klik tombol remove (hapus).

Itulah cara membuat halaman di blogpot. Silahkan dicoba, semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment