Laman

Wednesday, January 4, 2012

Cara Kerja Mesin Pemindaian MRI


MRI scanner11 Tips Scan MRI: Bagaimana Cara Kerja Mesin Pemindai MRI? 
Jenis Mesin MRI

Magnetic resonance imaging, yang disebut juga MRI, adalah teknik yang digunakan dalam bidang kedokteran untuk memindai (scanning) organ dalam tubuh secara rinci.
Teknik ini melibatkan penggunaan mesin MRI. Mesin MRI biasanya memiliki panjang berkisar 1,5 – 2,5 meter. Pemindaian dilakukan dengan sebagian atau seluruh tubuh pasien diposisikan (ditempatkan) dalam mesin.
Ada dua jenis mesin MRI yaitu mesin tertutup dan terbuka. Kedua jenis mesin tersebut pada dasarnya menggunakan teknologi yang sama.
Dalam mesin MRI tertutup, tubuh pasien berada dalam mesin atau tabung MRI saat dipindai. Umumnya, tabung mesin MRI tertutup memiliki lebar sekitar 60 cm.
Mesin MRI terbuka cenderung tidak sebaik yang tertutup. Namun mesin MRI terbuka akan menjadi pilihan bagi pasien yang fobia terhadap tempat tertutup atau menderita claustrophobia.
Seperti namanya, desain mesin MRI terbuka tidak membuat tubuh pasien tertutup sepenuhnya. Beberapa model bahkan memungkinkan pasien untuk menjalani pemindaian sambil duduk atau berdiri.

Cara Kerja Mesin MRI

Mesin MRI memiliki kumparan magnet yang menghasilkan medan magnet kuat yang digunakan untuk memindai pasien.  Medan magnet akan menyebabkan atom hidrogen dalam tubuh manusia memposisikan diri di sepanjang medan magnet.
Atom hidrogen ideal digunakan dalam pemindaian karena tubuh manusia didominasi air yang terdiri dari dua atom hidrogen dan satu atom oksigen.
Mesin kemudian mengeluarkan serangkaian frekuensi radio (RF) yang menyebabkan hanya atom hidrogen yang tereksitasi.
Saat atom hidrogen yang tereksitasi berusaha kembali ke posisi di sepanjang medan magnet yang dihasilkan mesin, atom-atom tersebut melepaskan kelebihan energi yang diambil dari gelombang RF.
Mesin lantas mendeteksi dan mencatat pelepasan energi tersebut. Dalam beberapa kasus, pasien mungkin diminta menelan atau mendapatkan suntikan agen kontras, biasanya gadolidium, sebelum menjalani pemindaian MRI.
Agen kontras membuat gambar MRI memiliki resolusi yang lebih baik sehingga memudahkan analisis.

Foto MRI

Anda mungkin pernah melihat gambar MRI yang ditampilkan pada layar komputer. Gambar seperti ini tidak dihasilkan langsung dari mesin MRI. Mesin sebenarnya hanya merekam energi sebagai fungsi waktu.
Gambar pada layar komputer merupakan interpretasi dari bacaan fungsi waktu ke fungsi frekuensi.
Sederhananya, mesin MRI mencatat data matematika perihal pergerakan atom (hidrogen) dan mengolah data tersebut dengan proses matematika yang disebut transformasi Fourier.
Transformasi Fourier membuat data matematika tadi dapat ditampilkan secara visual pada layar komputer.[]

No comments:

Post a Comment