Laman

Friday, March 30, 2012

Kontras subyek

            Kotras subyek adalah perbandingan intensitas radiasi sinar-X atau sinar gamma yang menembus dua bagian material yang berdekatan. Faktor yang berpengaruh antara lain perbedaan tebal / rapat jenis material, energi radiasi dan radasi hambur.
  • Perbedaan ketebalan material
 
  • Energi radiasi
Penggunaan radiasi dengan energi rendah akan menghasilkan kontras subyek lebih tinggi dibandingkan dengan energi yang lebih besar. Berubahnya kontras subyek ketika energi radiasi dinaikan, berhubungan dengan berubahnya nilai dari HVL. Pada dasarnya penggunaan kV yang terlalu rendah akan menghasilkan kontras subyek yang sangat tinggi. Kontras subyek yang tinggi tersebut, akan membuat gambaran film terlihat putih dibagian material yang memiliki ketebalan yang tinggi, sehingga apa bila daerah tersebut cacat atau tidak normal akan sulit untuk dilihat dan diamati. Penggunaan kV yang terlalu tinggi akan berakibat, sulitnya melihat perbedaan ketebalan suatu objek pada hasil film radiograf.

  • Radiasi hambur
Sebagian radiasi yang menembus benda uji mengalami pembelokan dari arah datangnya dan mengalami penurunan energi, radiasi semacam ini disebut radiasi hambur. Radisi hambur tidak diperlukan dalam pembentukan gambar karena jika memapari film akan menurunkan kontras. Penurunan kontras akibat radiasi hambur disebabka adanya efek edge undercuting, yaitu tepi gambar dibagian material yang lebih tebal akan berwarna lebih hitam dari yang seharusnya atau terkesan terpotong. Hal ini terjadi karena bagian film dibawah material yang tebal menerima radiasi hambur dari bagian materi yang tipis.

No comments:

Post a Comment